SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS APLIKASI WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER
DOI:
https://doi.org/10.30736/jti.v4i2.352Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah menghasilkan begitu banyak layanan bagi masyarakat yang telah menerapkan Information and Communication Technology (ICT) bahkan dalam dunia pendidikan pelayanannya hapir sudah berbasis ICT. Salah satu bentuk penerapan ICT pada pendidikan yaitu sistem pembelajaran online (SPON). SPON merupakan sebagian sistem pendidikan yang memanfaatkan aplikasi elektronik sebagai pendukung proses belajar mengajar dengan media internet atau jaringan komputer. Tujuan penerapan SPON yaitu untuk menghadapi beberapa kendalan saat sistem pembelajaran masih menggunkan metode lama (tradisional). Metode tradisional yang diterapkan di era milenial dianggap sudah tidak relevan sehingga terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan, seperti keterbatasan tempat, lokasi, waktu dan budaya pendidikan yang berkembang sesuai pada jamanya, yang segala sesuatunya dapat diperoleh hanya dengan melalui smartphone. Tujuan penelitian ini menghasilkan sistem pembelajaran baru yang dapat diakses dan dapat dilakukan dimanapun tanpa dibatasi oleh tempat, waktu, maupun lokasi. Penelitian ini menggunakan model penelitian R&D agar hasil penelitian dapat dijadikan sebagai perkembangan suatu gaya proses sistem pembelajaran baru yang dapat menyesuaikan budaya belajar peserta didik di era milenial yang dapat dilakukan tanpa dibatasi oleh tempat, waktu dan keadaan tertentu.Downloads
References
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Akbar, Sa’dun & Sriwiyana, Hadi. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.
Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: ANDI.
Karwati, E dan Priansa, D. 2014. Manajemen kelas. Bandung: Alfabeta.
Munadi, Y. 2010. Media pembelajaran; sebuah pendekatan baru. Jakarta: Referensi (Gaung Persada Press Group).
Munir. 2009. Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Rahadi, Dedi Rianto. 2014. Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 6(1):661-671.
Rubin, Jeffrey & Chrisnell, Dana. 2008. Handbook of Usability Testing: How to Plan, Design and Conduct Effective Tests. Indiana: Wiley Publishing.
Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilo, Purnomo Hadi. 2016. Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Digital Berbasis Web Di SMK Widyagama Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, E-ISSN: 2502-471X 5(1): 975.
Wahono, Romi Satria. 2006. Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. Diakses dari http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria-penilaian-media-pembelajaran/ Tanggal 12 September 2018.
Wardaya, Cep Unang & Sumartini, Tini. 2016. Media dan sumber belajar di TK. Bandung: PPPPK TK dan PLB.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Joutica : Journal of Informatic Unisla is licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license. You are free to:
- Share copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. This license is acceptable for Free Cultural Works.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
- Attribution You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- Share Alike If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Copyright
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Joutica : Journal of Informatic Unisla by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/elektronika/index