SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS APLIKASI WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER

Authors

  • Purnomo Hadi Susilo Teknik Informatika Universitas Islam Lamongan
  • M. Ghofar Rohman Teknik Informatika Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jti.v4i2.352

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah menghasilkan begitu banyak layanan bagi masyarakat yang telah menerapkan Information and Communication Technology (ICT) bahkan dalam dunia pendidikan pelayanannya hapir sudah berbasis ICT. Salah satu bentuk penerapan ICT pada pendidikan yaitu sistem pembelajaran online (SPON). SPON merupakan sebagian sistem pendidikan yang memanfaatkan aplikasi elektronik sebagai pendukung proses belajar mengajar dengan media internet atau jaringan komputer. Tujuan penerapan SPON yaitu untuk menghadapi beberapa kendalan saat sistem pembelajaran masih menggunkan metode lama (tradisional). Metode tradisional yang diterapkan di era milenial dianggap sudah tidak relevan sehingga terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan, seperti keterbatasan tempat, lokasi, waktu dan budaya pendidikan yang berkembang sesuai pada jamanya, yang segala sesuatunya dapat diperoleh hanya dengan melalui smartphone. Tujuan penelitian ini menghasilkan sistem pembelajaran baru yang dapat diakses dan dapat dilakukan dimanapun tanpa dibatasi oleh tempat, waktu, maupun lokasi. Penelitian ini menggunakan model penelitian R&D agar hasil penelitian dapat dijadikan sebagai perkembangan suatu gaya proses sistem pembelajaran baru yang dapat menyesuaikan budaya belajar peserta didik di era milenial yang dapat dilakukan tanpa dibatasi oleh tempat, waktu dan keadaan tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Akbar, Sa’dun & Sriwiyana, Hadi. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.

Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Karwati, E dan Priansa, D. 2014. Manajemen kelas. Bandung: Alfabeta.

Munadi, Y. 2010. Media pembelajaran; sebuah pendekatan baru. Jakarta: Referensi (Gaung Persada Press Group).

Munir. 2009. Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Rahadi, Dedi Rianto. 2014. Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 6(1):661-671.

Rubin, Jeffrey & Chrisnell, Dana. 2008. Handbook of Usability Testing: How to Plan, Design and Conduct Effective Tests. Indiana: Wiley Publishing.

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, Purnomo Hadi. 2016. Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Digital Berbasis Web Di SMK Widyagama Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, E-ISSN: 2502-471X 5(1): 975.

Wahono, Romi Satria. 2006. Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. Diakses dari http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria-penilaian-media-pembelajaran/ Tanggal 12 September 2018.

Wardaya, Cep Unang & Sumartini, Tini. 2016. Media dan sumber belajar di TK. Bandung: PPPPK TK dan PLB.

PlumX Metrics

Published

2019-09-30

How to Cite

Susilo, P. H., & Rohman, M. G. (2019). SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS APLIKASI WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER. Joutica, 4(2), 281–286. https://doi.org/10.30736/jti.v4i2.352

Issue

Section

Jouticla Jurnal Teknik Informatika