Moorhythm: Seleksi Album K-Pop Berdasar Preferensi Penggemar Dengan Moora

Authors

  • Salis Nilam Amartama Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Patmi Kasih Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Danar Putra Pamungkas Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30736/jt.v16i2.1250

Keywords:

Sistem Bantu, Preferensi User, MOORA, Album, K-pop

Abstract

Perkembangan industri K-pop yang pesat, membuat jumlah penggemar meningkat di berbagai negara. Penggemar pasti menginginkan suatu merchandise yang berkaitan dengan grub musik yang digemari. Merchandise yang paling diminati adalah album fisik dengan berbagai inclusions. Banyaknya faktor yang menjadi pertimbangan dalam keputusan pembelian, membuat penggemar merasa kesulitan dalam menentukan pilihan. Sistem ini dibuat untuk membantu dalam merekomendasikan album pilihan berdasarkan preferensi penggemar, mulai dari segi budget, harga, inclusions, dan keuntungan lain. Metode MOORA (Multi Objektif by Ratio Analysis) dipilih, karena memiliki tingkat selektifitas yang baik dan mampu mengoptimalkan kriteria yang bertolak belakang. Data album yang valid akan langsung di proses dengan metode MOORA saat user mengklik submit. Data tersebut, akan diberi nilai matriks sesuai sub-kriteria yang diinputkan, proses perhitungan normalisasi dan optimasi hingga perhitungan nilai Yi dan perangkingan berdasarkan nilai Yi terbesar. Sistem yang dibuat mampu memproses data-data yang diinputkan penggemar seperti data album, budget, dan preferensi bobot kriteria. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu mengolah data untuk memberikan rekomendasi yang akurat. Sistem, telah teruji dengan memberikan hasil yang sama dengan perhitungan manual, yaitu Yi = 0,49 untuk album A5 – TXT SWEET JP UMS, dengan begitu metode moora juga mampu memberikan hasil yang konsisten dan akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahya. (2021, March 13). extra.cahyadsn. Retrieved from extra.cahyadsm.com: https://extra.cahyadsn.com/moora

Fahirra, H. (2022). PENGARUH KOREAN WAVE DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ALBUM OFFICIAL BTS. Jurnal Ilmu Manajemen, 148-159.

Indria, A. T., & Kasih, P. (2023). Perancangan Sistem Bantu Penentuan Metode Pembelajaran Terbaik Menggunakan Algoritma Weighted Produc. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI DAN SAINS, 319-328.

Ismail, & Mukhlis, A. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process (MFEP). Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (JISTI), 9-19.

Kartikasari, H., & Sudrajat, A. (2022). MAKNA PEMBELIAN ALBUM FISIK BAGI PENGGEMAR BUDAYA POP KOREA. Jurnal Analisa Sosiologi, 405-428.

Kurnia, A., Ekojono, & Rohadi, E. (2023). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TEMPAT PEMBELIAN ALBUM KPOP MENGGUNAKAN MOORA. JIP (Jurnal Informatika Polinema), 153-158.

Kusumanti, Nasution, M. K., Suryadi, S., & Karim, A. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Rekomendasi Kelayakan nasabah Penerima Kredit Menerapkan Metode MOORAdan MOOSRA. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 1284-1292.

Mufizar, T., Hidayatuloh, A. T., Suciyono, N., & Hanifah, A. H. (2021). Penerapan Metode MOORA pada Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Karyawan Magang Keluar Negeri(Studi Kasus: PT HiniDaiki). 4METIK, 42-46.

Proboningrum, S., & Sidauruk, A. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER KAIN DENGAN METODE MOORA. JSI (Jurnal Sistem Informasi), 43-48.

Rinata, A. R., & Dewi, S. I. (2019). FANATISME PENGGEMAR KPOPDALAM BERMEDIA SOSIAL DI INSTAGRAM. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 13-23.

Rizqi, I. D., Wardhani, R., & Zam, M. (2024). Implementasi Algoritma Naive Bayes pada Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Wisata di Lamongan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI DAN SAINS, 15-22.

Rosita, I., Gunawan, & Apriani, D. (2020). Penerapan Metode Moora Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan. METIK, 55-61.

Yosianova, I. S., & Wulanningrum, R. (2020). Pencarian Pelanggan Setia Pengguna Jasa Laundry Dengan Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (Moora). Seminar Nasional Inovasi Teknologi, 245-250.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-09-06

How to Cite

Salis Nilam Amartama, Patmi Kasih, & Danar Putra Pamungkas. (2024). Moorhythm: Seleksi Album K-Pop Berdasar Preferensi Penggemar Dengan Moora. Jurnal Teknika, 16(2), 79–86. https://doi.org/10.30736/jt.v16i2.1250

Issue

Section

Jurnal Teknika

Most read articles by the same author(s)