SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES

Alief Ulfa Kurnia, Agus Setia Budi, Purnomo Hadi Susilo

Sari


Pentingnya menimba ilmu untuk masa depan yang lebih baik, apalagi jika mahasiswa memiliki prestasi, namun harus berhenti di tengah jalan dikarenakan tidak memiliki biaya. Universitas Islam Lamongan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi dan tidak mampu. Pemberian beasiswa berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan kemudian dilakukan perankingan menggunakan excel. Berdasarkan masalah tersebut, akan dibuat sistem pendukung keputusan penerimaan beasiswa menggunakan metode Naive Bayes dan mengukur tingkat akurasi dari sistem yang telah dibuat. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem pendukung keputusan penerimaan beasiswa menggunakan metode Naive Bayes. Sistem pendukung keputusan merupakan penyelesaian dari suatu masalah yang ada. Penelitian ini menggunakan metode Naive Bayes yang merupakan metode terbaik dari kalangan klasifikasi. Data yang digunakan dalam perhitungan adalah data kriteria mahasiswa dari tahun sebelumnya yang diperoleh dari rumah beasiswa Universitas Islam Lamongan. Perhitungan Naive Bayes dilakukan dengan mencari probabilitas setiap kategori kemudian dicari nilai yang tertinggi. Nilai tertinggi merupakan hasil dari perhitungan. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan sistem pendukung keputusan penerimaan beasiswa menggunakan metode Naive Bayes memiliki tingkat akurasi sebesar 92,7%. Tingkat akurasi tersebut menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan penerimaan beasiswa menggunakan metode Naive Bayes sangat layak digunakan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dahri, D., Agus, F., & Khairina, D. M. (2016). Metode Naive Bayes Untuk Penentuan Penerima Beasiswa Bidikmisi Universitas Mulawarman. Jurnal Informatika Mulawarman, 29-36.

Gafur, A., Yulianti, S., & Hidayat, N. (2008). Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa. Jakarta: Niaga Swadaya.

Kusrini, E. T. (2009). algoritma data mining. yogyakarta: andi yogyakarta.

Kustanto, & Aziziah, A. M. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Mahasiswa Penerima Beasiswa Menggunakan Metode Naive Bayes Berbasis Web. Jurnal Antivirus, 6-8.

Muktamar, B. A., Setiawan, N. A., & Adji, T. B. (2018). Analisis TIngkat Perbandingan Tingkat Akurasi Algoritma Naive. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015, 49-54.

Nugroho, D. W. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa pada SMA PGRI 1 Pati. Sistem Informasi, 1-11.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Susilo, P. H., & Rohman, M. G. (2017). DIGITALISASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO BERBASIS APLIKASI WEB. Joutica, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.30736/jti.v5i2.484