ANALISA KEMACETAN PADA JALAN RAYA SUKOMULYO (Study Kasus Di Desa Manyar – Desa Tenger Kec. Manyar Kab. Gresik)

Akhmad Muchlisin, Zulkifli Lubis

Abstract


Di sepanjang Jalan Raya Sukomulyo kecamatan Manyar Kabupaten Gresik terdapat berbagai kawasan industri dengan, pemukiman kepadatan rendah dan sedang, serta fungsi kawasan campuran. Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk menganalisis factor - faktor yang mempengaruhi kemacetan lalu - lintas di Jalan Sukomulyo. Dari
identifikasi permasalahan, ditemukan bahwa penyebab kemacetan lalu lintas di ruas jalan Sukomulyo Kabupaten Gresik, pada jam dan waktu bersamaan, sehingga menimbulkan kemacetan lalu lintas. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang telah dilakukan dengan hasil: Volume lalu lintas yang besar, dengan total volume lalu lintas arah Lamongan - Gresik, dan arah Gresik - Lamongan berjumlah 48155 smp, dimana volume arus lalu lintas arah Lamonag - Gresik lebih banyak atau selisih 145.3 smp. Kinerja jalan menjadi turun LOS = 0,95 (E), karena besarnya volume lalu lintas yang melewati jalan tersebut tidak sebanding dengan kapasitasnya (5951 smp/jam), Jumlah total tipe kejadian hambatan samping di ruas jalan Sukomulyo, adalah orang menyeberang 1298, kendaraan berhenti 1801, dan kendaraan keluar masuk 1578, total hambatan samping yang terjadi di Jalan Sukomuyo adalah 4678, Sistem rambu - rambu lalu-lintas Disepanjang jalan pun kurang mendapat perhatian lebih, seperti lampu rambu lalu-
lintas yang tak berfungsi, rambu larangan parkir dan dilarang berhenti yang menyebabkan ada nya kendaraan berhenti untuk parkir sebesar 1801 kendaraan. Ada pula para pejalan kaki yang menggunakan badan jalan untuk berjalan sebesar 1259 pejalan kaki.di karenakan banyak PKL yang berjualan di trotoar yang merampas hak para
pejalan kaki, akibat nya tumbuh hambatan samping .


Keywords


Kemacetan lalu-lintas, tingginya hambatan samping.

Full Text:

PDF

References


Saifudin,1995 “ Sikap Manusia teori dan dan pengukurannya”

Warpani, S. 1990,Merencanakan sistem perangkutan.Bandung:Penerbit ITB

MJKI 1997,Manual Kapasitas Jalan (MJKI).Departemen Umum.Direktorat Jendral Bina Marga,JakartaLaporan Analisa Kinerja Lalu Lintas Studi Analisis Dampak Lalu Lintas Pembangunan SPBKB

AKR- Manyar Gresik (DINAS PERHUBUNGAN Kabupaten GRESIK

Suwardjoko p. Warpani “Pengelolaan Laluliantas Dan Ankutan umum” Departemen Perhubungan .UU Republik indonesia No 14 tahun 1992 :tentang peraturan lalu lintas.

Arifin Asri, 2013. “Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Akibat Pengaturan Sistem Pergerakan Kendaraan pada Jl. A.P Pettarani di Makasar”,

di unduh di tanggal 25 april 2016 jam 17.40WIB).

Mahendra, Tri,2012 “Faktor Penyebab Kemacetan Transportasi Lalu-lintas di Perkotaan dan upaya pengumpulanya” Surabaya 1 sebtember 2012)

https://transportasijupri.wordpress.com/2011/08/07/perilaku-berlalu-lintas/ di unduh di.Pada tanggal 25 april 2016 jam 22.15WIB.

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20468/3/Chapter%2011pd di unduh di tanggal

april 2016 jam 17.40WIB).

http://id.wikibooks.org/wiki/Manajemenlalulintas/Permasalahanlalulintas di unduh di tanggal 25 april 2016 jam 17.40WIB). https://transportasijupri.wordpress.com/2011/08/07/perilaku-berlalu-lintas/ di unduh di tanggal 25 april 2016 jam 17.40WIB).

https://www.google.com/search?q=jurnal+derajad+jenuh+kemacetan&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b. Pada hari jumad 11 maret 2016 jam 21.30WIB

http://id.wikibooks.org/wiki/Manajemenlalulintas/Permasalahanlalulintas.

https://www.google.com/search?q=jurnal+derajad+jenuh+kemacetan&ie=utf-8&oe=utf- 8&client=firefox-b Pada hari jumad 11 maret 2016 jam 21.30WI




DOI: https://doi.org/10.30736/cvl.v1i2.566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Civilla : Jurnal Teknik Sipil Universitas Islam Lamongan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :

 

Editorial Office :

Civilla : Jurnal Teknik Sipil Universitas Islam Lamongan

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.