PENGEMBANGAN APLIKASI SMARTAHFIDZ MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES (Studi Kasus Pondok Pesantren Darussalam Sidodadi)

Vivin Fitri Lestari, Purnomo Hadi Susilo, Agus Setia Budi

Sari


Pondok Pesantren Darussalam Sidodadi adalah sebuah lembaga pendidikan yang menerapkan sistem tahfidz untuk siswa siswinya. Namun, situasi yang dihadapi Pondok Pesantren saat ini adalah pada proses pembelajaran yang kadang terhambat dikarenakan salah satu pengajar atau murid yang tidak bisa hadir pada proses pembelajaran atau pada saat pengujian hafalan sehingga membuat jadwal ujian menjadi terlambat dari waktu yang telah ditentukan. Melalui sistem aplikasi berbasis android para murid bisa belajar secara online melalui smartphone masing-masing. Pada pengujian hafalan murid bisa menjawab melalui suara secara langsung. Berdasarkan data penilaian yang telah diperoleh, rata-rata penilaian hafalan mempunyai tiga kriteria seperti kelancaran membaca, ketepatan membaca dan ketepatan waktu, sehingga penulis memutuskan untuk menggunakan model Speech To Text dengan metode Naive Bayes untuk menentukan penilaian akhir. Hasil penelitian yang diperoleh oleh penulis bahwa model Speech To Text bisa mengubah suara menjadi sinyal dan dengan Metode Naive Bayes bisa menghasilkan nilai keseluruhan yang akurat dan sesuai dengan konsep aplikasi yang telah dibuat. Tingkat akurasi hafalan Al-Quran yang diperoleh dari murid yang memakai aplikasi dan yang tidak menggunakan aplikasi yang didapat sebesar 86,6%.

Kata Kunci


Speech To Text, Naive Bayes

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifianto, T. (2011). Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT. Yogyakarta: Andi Publisher.

Arikunto, Prof. Dr. Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzan A, Issa Arwani, Lutfi fanani. (2018). Pembangunan Aplikasi Iqro' Berbasis Android Menggunakan Google Speech. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol.2, No.1, Hlm. 29-35.

Hermawan. (2011). Mudah Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: Andi Offset.

Ridwan M, Suyono H, Sarosa, M. (2013). Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Naive bayes Classifier. Jurnal EECCIS, Vol 1, No.7 hal. 59-64.

Susilo, P. H., & Rohman, M. G. (2019). SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS APLIKASI WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER. Joutica, 4(2), 281-286.




DOI: https://doi.org/10.30736/jti.v5i2.485