Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Rigid dengan Metode Pavement Condition Index (Pci) dalam Penanganan Upaya Perbaikan Studi Kasus : Jl Raya Bubulan Desa Cancung (Dukuh Kowang-Banyu Urip) Sta 28+000 – Sta 29+000 Kecamatan Bubulan Kabupaten Bojonegoro

Authors

  • Herta Novianto
  • Titin Wartini

DOI:

https://doi.org/10.30736/cvl.v5i1.411

Keywords:

Perkerasan Kaku, jenis kerusakan, tingkat kerusakan, metode PCI

Abstract

Perkerasan jalan merupakan komponen pokok di bidang transportasi. Kondisi perkerasan mempengaruhi kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Namun, kondisi perkerasan semakin lama semakin berkurang akibat faktor kerusakan jalan. Suatu penelitian tentang bagaimana kondisi permukaan jalan dan bagian jalan lainnya sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi permukaan jalan yang mengalami kerusakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis jenis kerusakan dan nilai kondisi pada perkerasan kaku di ruas jalan Kowang-Banyu Urip Desa Cancung Kec.Bubulan Kab.Bojonegoro beserta pemeliharaan atau penanganannya. Metode yang digunakan untuk penilaian ini adalah Pavement Condition Index (PCI). Adapun jenis kerusakan yang teridentifikasi di ruas jalan Kowang-Banyu Urip Desa Cancung Kec.Bubulan Kab.Bojonegoro adalah sebagai berikut : retak sudut (3,035 m²), retak melintang (0,42732 m²), pengausan agregat (16,8825 m²), tambalan (56,67 m²), berlubang (0,8528 m²), remek (0,2064 m²), dan retak rambut (0,01802 m²). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui kondisi perkerasan kaku pada ruas jalan Kowang-Banyu Urip Desa Cancung Kec.Bubulan Kab.Bojonegoro masih dalam keadaan sempurna (excellent) dengan presentase 94,75 %.Meskipun secara keseluruhan kondisi jalan Soekarno-Hatta Bandar Lampung masih dalam kondisi baik bahkan sempurna, namun pemeliharaan rutin pada ruas jalan dan bangunan pelengkap harus tetap dilakukan dengan kala ulang satu tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Tenriajeng, Andi Tenrisukki. 1999. Rekayasa Jalan Raya-2. Universitas Gunadharma.Jakarta.

Hardiyatmo, H.C., 2015, Analisis dan Perancangan Fondasi 2, Cetakan Pertama, Gadjah Mada Press, Yogyakarta

Dinas Pekerjaan Umum, 1991. Tata Cara Pemeliharaan Perkerasan kaku (Rigid Pavement) No.10/T/BNKT/1991 Direktorat Jenderal Bina Marga. Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1992. Tata Cara Pemeliharaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement). Jakarta.

Shahin, M.Y., Walther, J.A.1994. Pavement Maintenance Management for Roads and Streets Using the Paver System. US Army Corps of Engineer. New York.

Sukirman, Silvia . 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Badan penerbit Nova. Bandung.

ASTM D6433. 2007. Standard Pratice for Roads and Parking Lost Pavement Condition Indexs Surveys, ASTM International, West Conshohocken.

Republik Indonesia. 2011. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.13/PRT/M/2011 Tentang Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan. Kementerian Pekerjaan Umum. Jakarta.

Universitas Lampung. 2012. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Unila Offset. Bandar Lampung.

PlumX Metrics

Published

2020-03-26

How to Cite

Novianto, H., & Wartini, T. (2020). Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Rigid dengan Metode Pavement Condition Index (Pci) dalam Penanganan Upaya Perbaikan Studi Kasus : Jl Raya Bubulan Desa Cancung (Dukuh Kowang-Banyu Urip) Sta 28+000 – Sta 29+000 Kecamatan Bubulan Kabupaten Bojonegoro. Civilla : Jurnal Teknik Sipil Universitas Islam Lamongan, 5(1), 404–409. https://doi.org/10.30736/cvl.v5i1.411

Issue

Section

Jurnal CIVILA