ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING PEMBELAJARAN STATISTIKA BERBASIS PRAKTIKUM DENGAN APLIKASI SOFTWARE SPSS

Authors

  • Slamet Riyanto Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Hani Atun Mumtahana Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30736/jti.v3i2.235

Keywords:

blended learning, statistik, praktikum

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi blended learning mata kuliah statistik berbasis praktikum dengan aplikasi software SPSS. Hasil analisis implementasi dilakukan dengan analisis statistik dengan uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian ini diketahui bahwa implementasi blended learning pembelajaran statistik dengan metode blended learning berbasis praktikum dengan aplikasi software SPSS secara signifikan dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu personal, pengembangan diri, teknologi dan inovasi. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor inovasi menjadi faktor yang paling dominan dalam menentukan keberhasilan implementasi pembelajaran statistik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Slamet Riyanto, Universitas PGRI Madiun, Indonesia

Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun, Indonesia

Hani Atun Mumtahana, Universitas PGRI Madiun, Indonesia

Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun, Indonesia

References

Uwes Anis Chaeruman. 2017. PEDATI Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Direktorat Pembelajaran Direktoral Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Made I, Tirta. 2014. Pengembangan E-Modul Statistika Terintegrasi dan Dinamik dengan R-shiny dan mathJax. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, 19 November 2014. Hlm. 223-232

Heny, H dan Budhi, P. 2012. Implementasi Model Hybrid Learning pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Statistika II di Prodi Manajemen. Hlm. 181-184.

Riyanto, S dan Mumtahana, HA. 2018. Analysis of Preparedness of Blended Learning in the Informatics Engineering Study Program Environment of the PGRI Madiun University. International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS), hal. xxx-xxx.

Riyanto, S dan Fatim Nugrahanti. 2018. Pengembangan Pembelajaran Statistika Berbasis Praktikum Aplikasi Software SPSS dengan Bantuan Multimedia untuk Mempermudah Pemahaman Mahasiswa terhadap Ilmu Statistika Jurnal “DoubleClick: Journal of Computer and Information Technologyâ€. Volume 1 No.2, Pebruari 2018. hal: 62-67

PlumX Metrics

Published

2018-09-28

How to Cite

Riyanto, S., & Mumtahana, H. A. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING PEMBELAJARAN STATISTIKA BERBASIS PRAKTIKUM DENGAN APLIKASI SOFTWARE SPSS. Joutica, 3(2), 201–205. https://doi.org/10.30736/jti.v3i2.235

Issue

Section

Jouticla Jurnal Teknik Informatika