APLIKASI PEMETAAN FASILITAS DAN PELAYANAN UMUM DI KABUPATEN LAMONGAN DENGAN SIG BERBASIS ANDROID

Tri Setyo Utomo, Siti Mujilahwati, Nur Nawafilah

Sari


Perkembangan yang pesat tidak hanya teknologi perangkat keras dan perangkat lunak saja, tetapi metode komputasi juga ikut berkembang. Salah satu metode komputasi yang cukup berkembang saat ini adalah penyajian informasi geografis. Kabupaten Lamongan merupakan wilayah kota yang sedang berkembang seperti pada tempat-tempat industri, pariwisata, pendidikan, sarana transportasi umum dan fasilitas. Selama ini pengetahuan tentang lokasi di wilayah Kabupaten Lamongan dilakukan dengan cara datang ke lokasi langsung sehingga memerlukan waktu yang lama. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu Aplikasi berbasis android yang dapat membantu memberikan informasi kepada masyarakat tentang tempat dan fasilitas umum di Kabupaten Lamongan berdasarkan data atribut dan data spasial yang mendukung. Telah dibuat aplikasi GIS berbasis android untuk pemetaan fasilitas dan pelayanan umum di Kabupaten Lamongan dengan SIG berbasis android dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti eclipse dan adobe photoshop sebagai editing gambar SIG tujuanya mampu memberikan kemudahan-kemudahan yang diinginkan serta memudahkan dalam melihat fenomena kebumian dengan perspektif yang lebih baik.Hasil dari keseluruhan ini dapat di simpulkan program ini cukup baik ada pun kekurangannya belum lengkap.

Kata Kunci


Pemetaan, Pelayanan, Android

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


, diakses

http://newijayanto.blogspot.co.id/2014/02/pengertian-sistem-informasi geografis.html

Cholid Narbuko, Abu Achmadi, 2002, Metodologi Penelitian, Penerbit PT Bumi Aksara, Jakarta.

Charter, Denny dan Irma Agtrisari. 2003. Desain dan Aplikasi GIS Geographics Information System, Elex Media Komputindo : Jakarta.

Darmayuda, Ketut, 2007, Pemrograman Aplikasi Client Server. Penerbit Informatika, Bandung.

Hutabarat, Bernaridho I, 2004, Pengelolaan Basis Data, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Hartono, Pengolahan Data, 2006, diakses

http://aa-udien.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-pengolahan-data.html

James A. O’brien, 2005, Pengantar SI: Perspektif Bisnis dan Manajerial (Introduction to Information Systems). PT Salemba Empat (Empan Patria), Jakarta.

Jeffery L. Whitten, Lonnie D. Bentley, Kevin C. Dittman, 2004, Metode Desain dan Analisis Sistem, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Jogiyanto, HM, 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Kusrini, Pengertian Sistem Informasi, 2007, diakses.http://h4cking.blogspot.co.id/2013/12/pengertian-sistem-informasi sistem.html

Nugroho, Bunafit, 2010, Membuat Website Sendiri dengan PHP-MySQL, Penerbit Mediakita, Yogyakarta.

Prahasta. 2009. Sistim Informasi Goegrafis konsep-konsep dasar. Informatika: Bandung.

Pressman, Metode pengembangan sistem sekuensial linier, 2003, diakses. http://evafinufa25.blogspot.com/2013/04/rpl-tentang-model-waterfall.html

Safaat, 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis android, Cetakan Pertama, Edisi Revisi, Penerbit Informatika Bandung.Bandung

Nugroho. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML & Java. Diakses http://ki.bnlib.web.id//index.php?




DOI: https://doi.org/10.30736/jti.v1i2.46