Aplikasi Simulasi Peletakan Papan Reklame Berbasis Visualisasi Augmented Reality Menggunakan Android
DOI:
https://doi.org/10.30736/jt.v13i1.585Keywords:
Augmented Reality, Unity, Markerless, real environment, ReklameAbstract
Kota tumbuh bersamaan dengan tumbuhnya perkembangan ekonomi dan teknologi, maraknya reklame luar ruang menunjukan tingginya minat pelaku bisnis reklame yang terjun dalam bentuk industri. Melihat maraknya pemasangan papan reklame luar ruang sehingga menyebabkan kita harus benar-benar memasang papan reklame di tempat yang sempurna dan tidak terhalang oleh apapun agar pesan di papan reklame itu terlihat jelas. Penelitian ini mengambil dari permasalahan tersebut supaya masyarakat yang ingin memasang papan reklame lebih mudah menentukan tempat yang sempurna sehingga bisa menghemat biaya dan waktu dengan cara memperkenalkan media teknologi Augmented Reality pada android yang nanti nya akan memvisualisasikan 3D papan reklame. Penelitian ini merancang sebuah aplikasi simulasi peletakan papan reklame luar ruang dengan teknologi Augmented Reality perangkat android. Perancangan aplikasi ini dilakukan dengan membuat objek 3D dari 3DMax atau SketchUp yang kemudian akan di proses ke software Unity 3D dengan database Vuforia SDK sebagai perancangan Augmented Reality. Hasil akhir dari aplikasi ini adalah Augmented Reality yang mampu memvisualisasikan objek reklame 3D dengan beberapa jenis reklame.
Downloads
References
Wartina, I. (2015) Kajian Terhadap Penempatan Papan Reklame Untuk Menjaga
Kualitas Visual Kawasan Komersial dan Kawasan Konservasi (Jalan Hamka, Jalan By Pass Indarung, Jalan Pondok dan Jalan Niaga-Padang)
Shirvani, Hamid. (1985) The Urban Design Process. Van Nostrand Reinhold, New York
Wiradarma, I Gusti Gede R. (2017). Pengembangan Aplikasi Markerless Augmented Reality Balinese Story “I Gede Basurâ€. e-ISSN : 2548-4265.
Mulyana, Deddy, dkk. (2014). Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Toyib, R. (2017). Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi Kasus PT.Jashando Han Saputra). SSN : 2355-5920
Tumangkeng, Richy F. (2017) Kajian Kualitas Visual Terhadap Eksistensi Street Furniture di Koridor Piere Tendean Boulevard Manado
Qodriyanto, M. (2018) Rancang Bangun Aplikasi Visualisasi 3D FurnitureInterior Rumah Menggunakan Augmented Reality Dengan Metode
Markerless Berbasis Android
Fernando, M. (2013) Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity. Solo. Buku AR Online
Rokhim, Abdul, and Lukman Zaman. "Analisa Letak Papan Reklame Iklan Produk Berdasarkan Salient Region Detection." Seminar Nasional “Inovasi dalam Desain dan Teknologiâ€, IDeaTech, Surabaya, hlm. 2015.
Rokhim, Abdul, and Sri Ayu Lestari. "IMPLEMENTASI MEDIA VISUALISASI 360 PADA PLATFORM ANDROID UNTUK PROMOSI PENJUALAN KENDARAAN BEKAS." Jurnal Teknika 11.2 (2019): 1127-1130.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Abdul Rokhim, Dwi Agung Satya Pambudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknika dilisensikan di bawah Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Anda bebas untuk:
Â
- Bagikan — salin dan distribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — me-remix, mengubah, dan membangun materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial. Lisensi ini dapat diterima untuk Karya Budaya Bebas.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti persyaratan lisensi.
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan persyaratan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Â
Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Â
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini .
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Â
Jutnal teknika oleh Universitas Islam Lamongan berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Berdasarkan karya di https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/teknika/index